Senin, 18 Agustus 2014

Genotif dan Fenotif


Setiap gen menempati satu tempat tertentu dalam kromosom yang disebut lokus.
Genotip adalah susunan genetik suatu organisme. Suatu sifat diatur oleh pasangan gen pada kromosom mahluk itu. Aktivitas gen-gen itu yang menetukan sifat suatu mahluk hidup.
Fenotip adalah penampilan fisik suatu mahluk yang diatur sifat keturunan. Penampilan fisik suatu mahluk misalnya warna kulit atau warna rambut, merupakan hasil dari aktivitas gen yang mengatur sifat itu.
Alel adalah pasangan gen. Sebagai contoh, gen A dan gen a merupakan satu alel, yaitu sepasang gen yang menempati satu lokus tertentu.

Hukum I Mendel menyatakan adanya pemisahan bebas antara dua anggota dari sebuah pasangan gen atau alel dalam pembentukan gamet. Sebagian dari gamet membawa satu alel dan sebagian lain membawa alel yang lain. Dengan demikian satu gamet membawa hanya satu alel dari setiap lokus gen.

Persilangan monohibrida
Persilangan monohibrida merupakan persilangan dengan satu sifat beda. Sifat beda yang dimaksud adalah sepasang sifat dalam satu alel. Misalnya warna biji pada biji ercis, memiliki sepasang sifat yaitu hijau dan kuning.
Sifat pasangan gen atau alel dapat berupa hubungan dominan-resesif maupun kodominan.
Pasangan sifat dominan-resesif
Pasangan sifat dominan-resesif adalah pasangan sifat yang menunjukkan satu sifat dominan dan satu gen menunjukkan sifat resesif. Pengaruh gen dominan mengalahkan pengaruh gen resesif. Fenotip yang nampak pada individu heterozigot adalah sama dengan fenotip individu homozigot dominan. Hanya ada dua macam fenotip, yang pertama adalah fenotip homozigot dominan dan heterozigot, fenotip kedua adalah homozigot resesif.

Pasangan sifat intermediat
Pasangan sifat intermediat menunjukkan adanya suatu sifat yang merupakan perantara antara sifat gen dominan dan sifat gen resesif. Dalam keadaan heterozigot, yaitu adanya pasangan antara gen dominan dan gen resesif, sifat yang nampak adalah sifat yang berbeda dari sifat yang ditunjukkan oleh masing-masing gen dalam keadaan homozigot.
Alel banyak
Suatu alel tidak selalu terdiri hanya atas sepasang gen. Sebagai contoh, pada biji ercis terdapat satu alel yang terdiri atas sifat biji halus dan sifat biji berkerut. Kedua sifat ini merupakan satu alel.
Suatu alel dapat juga terdiri atas lebih dari sepasang sifat atau gen. Sifat ini disebut alel banyak. Walaupun demikian, satu individu hanya memiliki dua sifat dari alel tersebut. Salah satu contoh adanya alel banyak adalah penggolongan darah manusia dengan sistem ABO. Golongan darah manusia ini diatur oleh tiga alel, yaitu Ia, Ib dan IKetiga alel ini berpasang-pasangan sehingga menjadikan adanya empat golongan darah manusia.
Tabel Golongan Darah ABO
Fenotip
Genotip
O
Io Io
A
Io Ia atau Ia Ia
B
Io Ib atau Ib Ib
AB
Ia Ib

Contoh :
Bila ada sepasang suami isteri dengan golongan darah A (bergenotip Io Ia ) dan O (Io Io), bagaimana kemungkinan genotip dan fenotip anaknya ?
 
Io
Ia
Io
Io Io
IIa
Io
Io Io
Io Ia

Berdasarkan diagram di atas, maka kemungkinan golongan darah anak adalah A heterosigot dan O homosigot.

Hukum II Mendel
Hukum II Mendel menyatakan adanya prinsip penggabungan bebas. Prinsip penggabungan bebas terjadi dalam peristiwa perkawinan dengan dua atau lebih sifat. Kedua sifat itu saling berpasangan secara bebas. Sebagai contoh, ada dua sifat beda yang dilambangkan dengan alel A dan a serta B dan b. Individu yang diamati adalah memiliki genotip berupa AaBb dan AaBb. Kedua individu itu dapat membentuk pasangan secara bebas, baik berupa AABB, AABb, aBab dan sebagainya.
Peristiwa itu dapat digambarkan dengan diagram papan catur
 ABAbaBab
ABAABBAABbAaBBAaBb
aBAaBBAaBbaaBBAaBb
AbAABbAAbbAaBbAabb
abAaBbAabbaaBbaabb

Dari dua sifat beda itu akan didapat hasil persilangan berupa 16 macam genotip yang berbeda. Sifat fenotip dari ke-16 macam genotip itu bergantung dari sifat gennya. Bila kedua sifat itu merupakan sifat yang dapat berpasangan secara bebas, akan didapat hasil berupa perbandingan fenotip 9 : 3 : 3 : 1.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .