Kamis, 19 Februari 2015

F1 Terapkan Aturan Baru Terkait Penggunaan Helm

Operator Grand Prix Formula 1, FIA, menerapkan aturan baru terkait penggunaan helm di musim balap 2015. Para pembalap nantinya dilarang mengganti desain helm mereka saat musim balap sudah berlangsung.

Keputusan ini diambil pihak FIA dalam rapat komisi yang digelar Selasa, 17 Februari 2015. Pihak operator juga menyebut, aturan baru terkait penggunaan helm sudah disetujui World Motor Sport Council, selaku otoritas tertinggi olahraga balap dunia.

"Alasan FIA menerapkan aturan ini adalah agar penonton dan juri bisa mengenali siapa pembalap yang ada di mobil tersebut," kata salah seorang sumber seperti dilansir Reuters.

Sang sumber juga menyatakan, seringnya para pembalap mengganti desain helm di musim lalu cukup membuat pihak panitia kewalahan dalam mengenali pengendara mobil. Sebagai catatan, beberapa pembalap top memang sering mengganti helmnya dalam beberapa kesempatan.

Salah satunya adalah pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel. Autosport mencatat, sejak 2007, Vettel sudah mengganti helmnya sebanyak 60 kali.

Aturan baru terkait penggunaan helm ternyata mendapatkan reaksi negatif dari berbagai pihak. Salah satu yang paling gencar menolak aturan ini adalah mantan pembalap F1, Alexander Wurz.

Menurut Wurz, aturan terkait helm bisa merusak citra ekonomi dari sang pembalap. "Saya dengar F1 melarang pergantian helm saat musim berlangsung. Saya ini penggemar konsistensi. Tapi, serius? Apa lagi selanjutnya? Potongan rambut akan diatur? Pembalap itu punya brand ekonomi," kecam Wurz lewat akun Twitternya, @alex_wurz.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .