Kamis, 26 Februari 2015

Matikan Lampu saat Tidur, Solusi Usir Badan Pegal

Pernahkah Anda merasa pegal dan lelah yang berlebihan sesaat setelah bangun tidur? Keluhan tersebut tentunya sangat mengganggu, terlebih untuk Anda yang memiliki banyak kegiatan di pagi hari.

Lalu, kenapa kita seringkali merasakan hal seperti itu? Apakah ada yang salah dengan tubuh kita? Untuk menjawab pertanyaan ini, dokter Rahajeng menjelaskan penyebabnya.

Menurut Rahajeng, rasa lelah dan pegal-pegal yang datang saat bangun tidur bisa dipengaruhi berbagai hal, misalnya durasi tidur, posisi tubuh saat tidur, posisi bantal, hingga kegiatan yang dilakukan sebelum tidur.

Semuanya memiliki andil dalam munculnya rasa lelah dan timbulnya pegal yang berlebih ketika bangun tidur. Rahajeng mengungkapkan, "Rasa tidak segar atau fit ketika bangun tidur, adalah cermin dari kurang baiknya kualitas tidur Anda," ujar sang dokter.

Rasa lelah berlebihan ini, bisa semakin terasa pada wanita hamil. Tak hanya pada saat bangun tidur, tapi  juga di berbagai kesemapatan. Jika sudah dalam keadaan seperti ini, hamil tidak hamil, kegiatan harian pasti akan terganggu.

Untuk itu sangat penting bagi Anda mengetahui penyebab lelah, yang dalam konteks ibu hamil, berpengaruh pada kondisi kehamilannya. Rahajeng menambahkan, rasa letih dan pegal yang berlebihan ini, bisa jadi tanda dari keadaan tubuh tidak bugar, atau akan sakit.

Untuk itu pencegahan harus dilakukan, sebelum akhirnya tubuh Anda kalah dengan penyakit. Lakukan olahraga minimal 4 sampai 5 kali dalam seminggu, sehingga tubuh bisa lebih bugar. Selain itu, cobalah perhatikan menu makanan yang Anda konsumsi, pilihlah menu makanan sehat, yang membantu menjaga kebugaran tubuh.

"Tips dari saya cobalah mematikan lampu kamar saat sedang tidur. Lampu dalam keadaan mati, akan membuat gelombang otak lebih lancar dan membuat tidur lebih nyaman. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih segar dan bugar saat bagun. Pegal dan letih pun tidak akan datang lagi,” kata Rahajeng. (ren)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .