Kamis, 26 Februari 2015

Kiat Orangtua Bantu Anak Jalin Pertemanan di Lingkungan Baru

Tak jarang bila bertemu lingkungan baru, anak cenderung cemas. Baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar rumah.
Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak menjalin pertemanan di lingkungan barunya. Berikut beberapa cara membantu anak Anda menjalin pertemanan baru, seperti dilansir laman Times of India.

Ajarkan anak keterampilan dasar persahabatan

Anak-anak suka bermain dengan anak-anak lain yang berperilaku menyenangkan dan tidak suka memerintah. Jadi, penting Anda mengajarkan anak untuk bersikap sopan. Ketika anak Anda mengambil langkah pertama menjalin pertemanan, orangtua disarankan untuk membimbingnya.

Biarkan anak Anda mengembangkan gaya persahabatan

Setiap anak memiliki gayanya sendiri dalam menjalin pertemanan. Ketika anak Anda senang dengan satu atau dua teman dekat jangan paksakan untuk menyukai teman-teman lainnya.

Atur tanggal bermain

Jika anak Anda masih muda, Anda dapat mengundang teman-temannya unuk bermain di rumah. Dengan cara ini mereka akan bersosialisasi dengan baik, dan usahakan jangan ikut campur ketika mereka bermain, cukup diawasi saja. 

Mulailah dengan satu teman

Beberapa anak memiliki kelompok besar teman-teman dan memiliki cara alami untuk menjalin pertemanan. Tapi biarkan anak Anda untuk memilih temannya sendiri yang cocok dengan dia. 

Membantu anak untuk bersosialisasi

Sebagi orangtua Anda harus menciptakan lebih banyak kesempatan bagi anak-anak untuk bersosialisasi. Biarkan anak-anak berkumpul dengan teman-teman agar mereka mempunyai kehidupan sosial seperti orang dewasa, tentunya dengan pengawasan Anda sebagai orangtua.

Membangun persahabatan dengan sesama orangtua

Berteman dengan orangtua sekelas anak Anda, juga bisa membantu anak Anda untuk mencari teman. Hal ini juga akan mengembangkan ikatan persahabatan di antara anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .