Kamis, 26 Februari 2015

Keju, Camilan untuk Gigi Sehat

Masalah gigi adalah salah satu masalah yang cukup merepotkan bila terjadi. Bukan hanya sakitnya yang tak tertahankan, namun biayanya juga tidak murah bila rasa sakit mulai mendera.

Untuk itu, perawatan pada gigi adalah hal penting yang harus dilakukan. Bukan hanya tindak perawatan, tapi juga tindak pencegahan, yang bisa membuat gigi selalu terjaga.

Salah satu cara merawat gigi, bisa dilakukan juga dengan ngemil. Eits! tentunya bukan sembarang ngemil. Tapi jenis camilan yang bisa dipilih untuk menyehatkan gigi, yakni keju.
Faktanya, memakan camilan yang terlalu sering bisa membuat gigi kita rusak. Terlebih jika, camilan yang kita makan memiliki tekstur keras serta mengandung gula berlebih.

Dailymail melansir, keju adalah camilan yang dirasa cocok untuk dimakan di waktu senggang. Tekstur keju yang lunak yang mudah dikunyah, tidak merusak gigi ketika dikonsumsi. Kandungan gula yang bersahabat juga tidak mendatangkan bahaya bagi gigi dan mulut.

Namun menurut Michaela ONeill, pimpinan dari British Society of Dental Hygiene and Therapy, sebaiknya waktu ngemil dibatasi. "Frekuensi mengunyah yang terlalu sering, membuat kadar asam di rongga mulut tidak seimbang, dan menyebabkan pengurangan mineral pada gigi," ujarnya. Kerusakan akan diperparah dengan jarang menyikat gigi.

Michaela menambahkan, kesehatan gigi dapat semakin terancam apabila seseorang menyakit gigi terlalu sering, dan dengan cara yang salah. "Terlalu keras menekan dan menggerakan sikat gigi, bukannya menyehatkan, namun membahayakan. Bisa iritasi hingga berdarah," tambahnya.

Saran Michaela, rutinlah menyikat gigi minimal dua kali sehari, "Pagi setelah sarapan, dan malam sebelum tidur." Lakukan dengan lembut, dan jangan menggunakan pasta gigi yang mengandung banyak deterjen (SLS), yang makin merusak gigi. Rawatlah gigi dengan baik, dan rajinlah konsultasi ke dokter gigi untuk senyum yang lebih lebar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .