Pengertian Visi
Visi dibuat untuk menjelaskan
nilai-nilai utama perusahaan secara umum. Pernyataan ini memberitahukan
bagaiman tindakan yang perlu dilakukan dan menjadi arahan bagi karyawan
dan kustomernya. Selain itu, visi juga menceritakan bagaimana perusahaan
bergerak dan di mana posisi yang sedang dituju oleh perusahaan
tersebut.
Pengertian Misi
Misi dirancang untuk
menjelaskan tujuan perusahaan secara keseluruhan, termasuk menentukan
langkah-langkah utama perusahaan dalam mencapai kesuksesan. Umumnya,
pernyataan ini bersifat internal dan ditujukan untuk tim kepemimpinan
dan para pemegang saham. Ketika suatu perusahaan merancang misinya,
mereka biasanya akan mengangkat produk atau jasa yang ditawarkan serta
citra, prioritas, dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Pernyataan ini
dibuat dalam saat ini dan tidak mencerminkan ke arah masa depan.
Perbedaan Visi dan Misi
Salah
satu perbedaan yang mencolok antara visi dan misi dapat dilihat dari
fokus waktu keduanya. Visi merupakan pernyataan yang yang berproyeksi
pada masa depan perusahaan. Pernyataan ini dirancang untuk menciptakan
kerjasama untuk mencapai tujuan. Sementara misi mencerminkan tentang
kegiatan yang sedang dilakukan oleh perusahaan saat ini. Visi umumnya
dibuat terlebih dahulu daripada misi karena visi akan mengarahkan
langkah-langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai
kemajuan di masa depan.
Untuk membuat misi secara efektif, harus
mengandung nilai-nilai dan tujuan perusahaan, kepentingan utama, dan
tanggung jawab kepada para pemangku kepentingan tersebut. Biasanya
isinya seputar apa yang perusahaan lakukan saat ini, siapa yang
melakukan, dan apa manfaatnya. Sementara itu, untuk pernyataan visi yang
efektif harus jelas tanpa menimbulkan ambiguitas berisi seputar masa
depan dan ambisi yang realistis. Pembuatan visi didasarkan pada
bagaimana bentuk perusahaan di masa dengan sesuai keinginan yang akan
dicapai.
Sabtu, 14 Februari 2015
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar