Kamis, 05 Maret 2015

Dok, Benarkah Pasta Gigi Bisa Sembuhkan Luka Bakar

Ketika masih kecil, ibu atau nenek biasanya memiliki cara khusus untuk mengobati berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Salah satunya ialah pertolongan pertama pada luka bakar, yakni dengan mengoleskan odol atau pasta gigi ke permukaan luka, yang diasumsikan akan membuat luka bakar, terlebih yang sudah membengkak, segera mengempis.

Namun, pernyataan berbeda justru keluar dari penyataan dr. Nina Amelia, penanganan luka bakar dengan cara mengoleskan pasta gigi sebenarnya tidak dibenarkan. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan infeksi lebih parah dari sebelumnya.

"Mitos ini mungkin saja datang dari rasa dingin yang dimiliki pasta gigi ketika digunakan pada gigi. Oleh karena itu, banyak yang percaya bahwa dinginnya bisa mengempiskan luka bakar, padahal tidak," ungkap Nina.

Selain dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi, odol juga dapat meningkatkan kerusakan jaringan. "Adanya kerusakan jaringan pada permukaan kulit yang terbakar, bisa membuat luka bakar jadi sukar untuk sembuh dan kembali seperti semula. Yang ada, malah munculnya koreng, hingga nanah di sekitar permukaan luka bakar," katanya.

Untuk meredakan nyeri dan panas pada luka, Nina menjelaskan, sebaiknya dilakukan dengan cara yang sederhana dan mudah. Cukup letakkan luka bakar yang masih memerah pada air yang mengalir selama kurang lebih 20 menit.

Bila rasa panas atau perih masih terasa, cobalah oleskan krim khusus luka bakar yang diresepkan dokter. Namun, bila luka bakar sudah parah hingga bernanah, hingga mengeluarkan darah, sebaiknya periksa ke dokter atau spesialis kulit yang Anda percaya. Karena jika asal, proses penyembuhan luka akan makin terhambat. (art)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .