Kamis, 19 Maret 2015

Menyibak Keindahan Gua Terbesar di Dunia

Semburat cahaya matahari melewati celah daun pepohonan. Tersaji pula hamparan lumut yang menyelimuti bebatuan. Ini adalah pemandangan terbaru Hang Son Doong yang berhasil abadikan seorang fotografer bernama Ryan Deboodt.

Ditasbihkan sebagai gua terbesar di dunia, Hang Son Doong memiliki panjang lebih dari 5,5 mil. Lokasinya berada di Privinsi Quang Binh, Vietnam.

Di dalam gua terdapat hutan belantara dan sungai. Saking besarnya, sebuah gedung memungkinkan dibangun di dalam gua tersebut.

Seperti dilansir laman Huffington Post, Deboodt mengunggah video yang menampilkan isi gua Hang Son Doong tersebut di situs berbagi video, Vimeo, pekan lalu. Hingga saat ini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 570.000 kali.

Video milik Deboodt memang menakjubkan. Dengan menggunakan drone, ia mampu menangkap pemandangan dalam gua dari berbagai sudut ruang. Mulai dari formasi bebatuan hingga pepohonan yang tumbuh subur.

Berdasarkan informasi yang dimuat laman Sondoongcave.org, Hang Son Doong pertama kali ditemukan oleh penduduk lokal bernama Ho Khanh pada tahun 1991. Namun kembali menjadi sorotan setelah ditemukan oleh penjelajah gua asal Inggris yang dipimpin Howard Limbert.

Nama Son Doong sendiri berarti gua gunung sungai. Diprediksi gua ini terbentuk pada 2-5 juta tahun lalu oleh air sungai yang mengikis batu kapur di bawah gunung. Kemudian langit-langit runtuh dan menciptakan skylight.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .