Kamis, 05 Maret 2015

Jalan-jalan ke Museum di Kota Tua

Kota Tua yang terletak di kawasan Jakarta, saat ini ramai dikunjungi wisatawan. Bukan hanya menjadi tempat wisata karena keunikan bangunaannya, Kota Tua juga menyimpan kisah sejarah.

Di tempat ini pula, terdapat sejumlah museum yang menyimpan banyak cerita. Bukan hanya soal sejarah, tetapi juga tentang seni dan budaya.

Belakangan, pemerintah pun semakin menggalakkan minat wisatawan, khususnya wisatawan domestik untuk berkunjung ke museum. Meski saat ini, dari tahun ke tahun, jumlah pengunjung yang datang ke museum terus meningkat, namun, minat untuk berkunjung ke tempat wisata edukasi ini harus terus ditingkatkan.

"Saat ini, masyarakat sangat antusias untuk mengunjungi museum, karena tidak hanya sebagai pusat informasi mengenai peninggalan sejarah, tetapi museum saat ini sudah menyajikan kegiatan edukatif dengan mengundang masyarakat untuk lomba, seminar, diskusi, dan workshop," kata Ari, Satlak Informasi Edukasi Unit Pengelola Museum Seni kepada VIVA.co.id.

Museum di kawasan Kota Tua pun kini menjadi destinasi wisata menarik. Saat berkunjung ke tempat ini, selain bisa berkunjung ke museum Fatahillah, Anda juga bisa menggali informasi sejarah dari Museum Keramik, hingga Museum Wayang.

Perlu diketahui, berkunjung ke tempat ini tak dipungut biaya mahal, hanya Rp2.000 per orang untuk pelajar, dewasa dan umum Rp5.000, dan bagi rombongan hanya dikenakan Rp1.500.

Ingin tahu bagaimana gambaran soal museum di kawasan Kota Tua? Berikut, hasil rangkuman VIVA.co.id :

Museum Sejarah Jakarta
Lebih dikenal dengan nama Museum Fatahillah, museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat.

Berada di atas lahan sekitar 1.300 meter persegi museum ini tepat berada di depan pelataran Kota Tua. Di sekitar tempat ini biasanya dipadati dengan wisatawan untuk berkumpul dan berfoto-foto dengn latar belakang museum ini.

Di dalam museum, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi mengenai sejarah Jakarta. Museum ini terbagi atas beberapa ruang, seperti  Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .